World Rabies Day Tahun 2013

  • 26 September 2013, 15:54 WIB
  • /
  • Dilihat 1449 kali

Padang (19/9) - “Menuju Indonesia Bebas Rabies 2020”. Slogan tersebut diangkat menjadi tema peringatan World Rabies Day (WRD) tahun 2013 yang jatuh setiap tanggal 28 September. Peringatan WRD tahun 2013 diselenggarakan di Kota Padang Sumatera Barat (19-20/9) dan mengundang seluruh Dinas yang membidangi fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan serta Dinas Kesehatan terkait. Pemerintah mengumumkan Indonesia akan bergabung dengan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara untuk membebaskan Indonesia dari rabies pada tahun 2020.

Drh. Pudjiatmoko, Ph.D, Direktur Kesehatan Hewan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan Dr. Andi Muhadir, MPH., Direktur Pendalian  Penyakit Bersumber Binatang, Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, memberi selamat atas kesuksesan pengendalian rabies pada anjing dan manusia di Bali. Kedua Direktur tersebut membenarkan bahwa pembelajaran penanganan rabies di Bali telah membantu kedua sektor dalam mengembangkan sebuah strategi untuk mengendalikan penyakit di daerah lain di Indonesia secara terpadu. Hal tersebut disampaikan pada konfrensi pers peringatan WRD. Hal ini juga telah diakui oleh dunia Internasional dan menjadikan program pengendalian rabies di Bali sebagai salah satu model pengendalian dan penanggulan rabies di regional Asia.

Saat ini sembilan provinsi di Indonesia yaitu Kepulauan Riau, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Nusa Tenggara Barat, Papua dan Papua Barat dinyatakan sebagai daerah bebas rabies, sementara provinsi lainnya masih endemis. Seluruh provinsi di Indonesia diminta untuk berkomitmen dalam pengendalian dan penanggulangan rabies demi mencapai “Indonesia Bebas Rabies 2020”.

Kegiatan peringatan WRD juga dirangkaikan dengan kegiatan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan yang dilaksanakan di Pasar Ternak Simpang Tiga Ophir Kabupaten Pasaman Barat. Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya yakni Seminar Nasional, Pameran Foto dan Poster terkait Rabies, pencanangan vaksinasi masal kepada 100 ekor anjing, diskusi public awareness kesehatan masyarakat veteriner dan pasca panen, dan peresmian pelayanan kesehatan hewan dan pos IB di Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Hadir pada kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

 (Ismatullah Salim, S.Pt; Titik Triary W, S.Pt – Subbag Kerjasama dan Humas)

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset