• Beranda
  • Berita
  • UGM dan Kementan Pecahkan Rekor MURI Minum Susu dengan Peserta Terbanyak

UGM dan Kementan Pecahkan Rekor MURI Minum Susu dengan Peserta Terbanyak

  • 28 Juni 2024, 08:15 WIB
  • /
  • Dilihat 258 kali
  • /
  • humaspkh

Yogyakarta – Masih dalam rangkaian memperingati Hari Susu Nusantara 1 Juni 2024 dan Lustrum XI Fakultas Peternakan, Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan Minum Susu dengan peserta terbanyak yakni 11.150 mahasiswa di Balairung Universitas Gadjah Mada (28/6).

Kegiatan tersebut sekaligus menggoreskan sejarah baru karena telah tercatat ke dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Nasrullah mengatakan pemecahan Rekor MURI ini sebuah kebanggaan dalam rangka meningkatkan konsumsi protein hewani bagi generasi muda.

“Asupan protein terutama protein hewani merupakan harga mutlak untuk menjadikan Indonesia Emas pada tahun 2045” ujarnya ketika memberikan sambutan dalam acara yang bertajuk Pengarahan dan Penerjunan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) di Balairung Universitas Gadjah Mada.

Nasrullah juga menjelaskan bahwasanya rekor MURI ini memiliki arti yang lebih dari sekedar penghargaan saja.

“Pemecahan rekor MURI ini bukan hanya sebuah penghargaan atau sertifikat, hal ini adalah sebuah langkah awal untuk kita memasukkan program Presiden dan Wakil Presiden Terpilih yaitu minum susu kepada masyarakat Indonesia khususnya bagi anak sekolah” imbuhnya.

Turut hadir Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, H. Mochamad Basuki Hadimoeljono yang menegaskan bahwa mahasiswa nantinya akan menjadi pemimpin-pemimpin di Era Indonesia Emas 2045 nanti.

"Puluhan tahun yang lalu, saya juga seperti anda sebagai mahasiswa, tapi kini saya menjadi salah satu pemimpin di Indonesia. 20 tahun mendatang Andalah yang harus menjadi pemimpin di Indonesia Emas" ujarnya.

Lebih lanjut Menteri Basuki juga berpesan kepada seluruh mahasiswa yang hadir bahwa sebagai pemimpin harus mengetahui aspirasi, keinginan, serta dekat dengan masyarakat.

"Anda akan melakukan KKN dan ini akan menjadi ladang pembelajaran saudara sekaligus ladang pengabdian bagi saudara-saudara sekalian. Ilmu yang dapatkan di kelas, anda abdikan untuk kemajuan rakyat" tuturnya

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Gadjah Mada, Ova Emilia menjelaskan bahwa untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh tentunya memerlukan asupan makanan yang baik, yang salah satunya dapat diperoleh melalui konsumsi susu.

"Hari ini kita akan sama-sama bersemangat dan menggalakkan susu untuk kita konsumsi sebagai pola makanan yang seimbang" harapnya.

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan KKN ini merupakan bentuk inklusifitas dari UGM untuk bangsa dan negara yang kita cintai, Indonesia.

Dengan adanya KKN ini, Ova berharap mahasiswa mampu menumbuhkan rasa empati, kepedulian kepada sesama, tanggung jawab, kemandirian, dan jiwa kepemimpinan.

"Melalui KKN-PPM, diharapkan terjadi sinergi antara mahasiswa, perguruan tinggi, pemerintah dan masyarakat dalam upaya mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat" pungkasnya.

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset